REKREASI INTELEKTUAL

Membangun budaya membaca melalui pembiasaan

membangun budaya membaca melalui pembiasaan

Titik awal perubahan dalam membangun suatu peradaban suatu bangsa dimulai dari proses membangun kualitas sumber daya manusianya. Salah satu proses penting dalam membangun sumber daya manusia adalah dengan meletakkan pondasi kebiasaan membaca. Begitulah sistem ilahiyah sepanjang sejarah manusia mulai dari Nabi Adam alahis salam sebagaimana dikisahkan dalam al-Qur’an pada Surat Al-Baqarah ayat 30-31 sampai Nabi akhir zaman, yaitu Nabi Muhammad saw yang telah diabadikan dalam al-Qur’an Surat al-‘Alaq ayat 1-5.

Memperhatikan peran strategis kebiasaan membaca itulah, maka SDIT

bersenang-senang menggali ilmu

bersenang-senang mengembangkan ilmu

NURUL ISLAM KREMBUNG menjadikan kebiasaan membaca sebagai salah satu program strategis dalam mewujudkan SDIT NURUL ISLAM sebagai sekolah bermutu, sekolah kepribadian dan sekolahnya para juara. Walaupun sarana membaca sangat terbatas, program kegiatan pembiasaan membaca tidak boleh kandas. Rekreasi yang bisanya dilaksanakan di tempat – tempat wisata, kini untuk anak-anak SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG di arahkan untuk menjadikan Toko Buku menjadi salah satu alternatif tempat rekreasi intelektual. Di Toko Buku inilah anak-anak bisa mengenal perkembangan dunia ilmu pengetahuan. Di Toko Buku inilah anak-anak ditantang untuk lebeh banyak mengetahui alam sekitarnya. Di Toko Buku inilah anak-anak bisa mengenali sebagian anggota masyarakat yang juga memiliki kebutuhan yang sama. Riskasnya, Toko Buku merupakan tempat rekreasi intelektual yang bisa memberikan banyak inspirasi tentang cakrawala kehidupan.

Perpustakaan memang merupakan kebutuhan mendasar bagi keberadaan sekolah yang ingin membangun pondasi  kebiasaan dan budaya membaca bagi siswa dan warga sekolah lainnya. Jika karena keterbatasan sehingga di sekolah belum ada Perpustakaan, maka fungsi Perpustakaan itu bisa diadakan dengan berbagai kegiatan yang salah satunya adalah dengan berkunjung ke Toko Buku.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: