SCIENCE AND ENGLISH STUDIES ARE JOYFULL

siswi kelas III B

siswi III B di ruang planetarium

Kegiatan belajar memang tidak harus di dalam kelas. Bagi para guru SDIT NURUL ISLAM Krembung, alam semesta ini merupakan kurikulum sekaligus bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Begitulah konsep pendidikan dan pembelajaran yang dikembangkan oleh SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG. Dengan memadukan konsep sekolah alam, sekolah al-qur’an dan sekolah reguler SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG menjadi lincah mengembangkan program-program pembelajarannya.

Ust. Haqqi sedang mengawal siswa kelas IIIB

Ust. Haqqi sedang mengawal siswa kelas III B

Dengan konsep keterpaduan itulah Ust. Haqqi, Ustd. Ririn, dan Ustd. Dewila bersepakat dengan Paguyuban Orang Tua Murid Kelas IIIB untuk mendesain kegiatan pembelajaran di Kebon Binatang Surabaya. Walapun jarak antara SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG dengan Kebun Binatang Surabaya itu lumayan jauh, sekitar 50 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam ternyata tidak menyurutkan semangat para murid.

Subhanallah pada hari Sabtu, 24 April 2010 para Paguyuban Orang Tua Murid dan Guru Kelas IIIB benar-benar bersepakat untuk melaksanakan kegiatan belajar Bahasa Inggris dan IPA di Kebun Binatang Surabaya. Maka Sabtu pagi itu berangkatlah para siswa kelas IIIB ke Kebon Binatang Surabaya dengan didampingi oleh Ust. Haqqi dan Ustadzah Ririn S. sebagai pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris dan Ustadzah Dewila sebagai pengampu mata pelajaran IPA.

Subhanallah, di Kebon Binatang Surabaya para siswa kelas IIIB bisa belajar

belajar bhs inggris menjadi asyik

belajar bhs inggris menjadi asyik

secara terpadu (integrated) atau interdisipliner.  Klasifikasi jenis binatang dalam bahasa Inggris  dan mata pelajaran lainnya. Lihatlah sebagaimana pada gambar foto itu betapa riang gembiranya mereka belajar. Nah . . ., kalau kegiatan belajar menjadi begini menyenangkan maka tidak perlu lagi semboyan “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian” yang artinya bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Dengan konsep pembelajaran ini maka kegiatan bersakit-sakit dalam proses belajar tidak diperlukan lagi.

Itulah kesalahan fatal dalam filosofi pendidikan konvensional, kegiatan belajar diibaratkan sebagai kegiatannya orang sakit (berakit-rakit kehulu). Bagaimana mungkin belajar dalam keadaan sakit/tidak menyenangkan bisa melahirkan atau membuat anak berprestasi ? Filosofi atau paradigma itu di NURUL ISLAM dirubah total alaias 180 derajat, yakni kegiatan belajar itu bukan berakit-rakit ke hulu tetapi bersenang-senang mencari ilmu, merayakan keberhasilan.

Berlajar Bahasa Inggris dan IPA di Kebon Binatang Surabaya sebagaimana  yang dilakukan oleh siswa IIIB SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG ini membuat kegiatan belajar menjadi konkrit alami, inspiratif, menantang dan menyenangkan. Kegitan pembelajaran seperti inilah yang diharapkan dalam

belajar yang menyenangkan

belajar yang menyenangkan

Standar Proses dalam PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 19 ayat 1 yang berbunyi: Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Semoga ikhtiar yang dikembangkan SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG untuk turut berkontribusi memberi solusi terhadap persoalan pedidikan bisa memberi inspirasi bagi para pengambil kebijakan dan para praktisi pendidikan. Semoga, Wallahu’alam bishawab.

Categories: Uncategorized | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “SCIENCE AND ENGLISH STUDIES ARE JOYFULL

  1. Assalamaulaykum wr. wb
    perkenalkan kami dari yayasan salman al farisi jogjakarta. kami ada rencana untuk melakukan studi banding ke SIT nurul Islam, yang insya allah antara tanggal 18,19, atau 20 April. hari dan tanggal kami menyesuaikan dengan pihak SIT Nurul Islam, untuk lebih lanjut, kami mohon alamat email SIT nurul Islam, untuk mengirim surat permohonan studi banding kami.
    atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan Jazakumullah khoiron katsiron.
    wassalamulaykum wr wb.

  2. Assalamaulaykum wr. wb
    perkenalkan kami dari yayasan salman al farisi jogjakarta. kami ada rencana untuk melakukan studi banding ke SIT nurul Islam, yang insya allah antara tanggal 18,19, atau 20 April. hari dan tanggal kami menyesuaikan dengan pihak SIT Nurul Islam, untuk lebih lanjut, kami mohon alamat email SIT nurul Islam, untuk mengirim surat permohonan studi banding kami.
    atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan Jazakumullah khoiron katsiron.
    wassalamulaykum wr wb.
    alamat email kami : info@salmanalfarisi.web.id
    atau bisa sms ke : 0274-7481819

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: