BELAJAR DISIPLIN LALU LINTAS SEJAK DINI

Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG secara sistemik berjuang untuk mewujutkan tiga komitmen  sekolah, yaitu 1) sekolah bermutu, 2) sekolah kepribadian, dan 3) sekolah para juara. Tiga komitmen tersebut menjadi ruh dalam seluruh aktifitas administrasi dan manajemen, pembinaan dan pengembangan kurikulum dan pembelajaran,  pembiasaan dan pembinaan kegiatan kesiswaan, bahkan dalam mengembangkan kemitraan dengan orag tua murid.

Salah satu komitmen yang ingin diwujutkan adalah bagaimana menjadikan SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG sebagai sekolah kepribadian dalam arti yang positif dan luas. Sebagai sekolah kepribadian, maka pendidikan akhlaq menjadi sangat penting, khususnya melalui pembiasaan.

Siswi Kelas VI sedang mengamati disiplin berlalu lintas.Sopan santun di Jalan Raya adalah salah satu kepribadian yang diajarkan di SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG. Sopan santun ini diajarkan dalam bentuk teori, pengamatan langsung di Jalan Raya, serta berdialog langsung dengan petugas polisi yang ada di Sektor Krembung.

Pembelajaran di kelas       digunakan untuk membahas konsep-konsep sopan santun di Jalan Raya dalam pandangan Islam.  Dengan memahami konsep-konsep sopan santun ini diharapkan para siswa bisa memahami konsep Islam bagi pengguna Jalan Raya, sehingga anak-anak akan memiliki pemahaman yang integral bahwa Islam bukan hanya mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan ibadah ritual belaka. Islam adalah sistem hidup yang mengajarkan dan mengatur seluruh sistem dan sektor hidup dan kehidupan.

Mas Asror dan Mas Farid siswa Kelas VI serius melakukan pengamatan sopan santun di jalan

Melalui pengamatan langsung yang dilaksanakan pada hari Rabo, 25 Nopember 2009 ini, para siswa diharapkan bisa menemukan langsung bentuk – bentuk pelanggaran sopan santun atau disiplin di Jalan Raya sekaligus bisa berdiskusi tentang bahayanya akibat pelaggaran atau tidak disiplin dalam berlalu lintas. Bahkan dalam diskusi ini para siswa bisa diajak menganalisa tingkat bahaya yang paling ekstrim dalam pelanggaran / tidak disiplin di Jalan Raya adalah bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas bahkan bisa berujung pada kematian.

belajar disiplin lalu lintas bersama Bapak Polisi

Setelah belajar kosep – konsep sopa santun/disiplin berlalu lintas dan melakukan pengamatan di Jalan Raya, para siswa juga diajak belajar dan berdialog langsung dengan petugas kepolisian. Tampak pada gambar samping, Bapak polisi sedang memberikan ilmu yang berkaitan dengan sopan santun berlalu lintas serta bagaimana cara medapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM).  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabo, 09 Desember 2009 dengan didampingi oleh Ust.  Toto Sunarsono Atho’illah selaku pengampu  Mata Pelajaran Pembiasaan Akhlaq Islami.  Sungguh orkestrasi  kegiatan belajar yang seperti ini akan membuat anak-anak menjadi senang mengikuti pembelajaran, bahkan pembelajaran yang konkrit dan lagsung seperti ini akan lebih bertahan lama dalam memori bawah sadar anak. Wallahu’alam.

Terima kasih disampaikan kepada Bapak Suharto selaku Kapolsek Kecamatan Krembung dan seluruh staf yang telah memberikan layanan pembelajaran dengan sabar dan penuh simpatik kepada para siswa Kelas VI SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG pada hari Rabo, 09 Desember 2009. Semoga bermanfaat!

Siswa kelas VI bersama Kapolsek/Bapak Suharto (tengah) dan Ust. Toto Sunarsono Atho'illah

Categories: Uncategorized | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “BELAJAR DISIPLIN LALU LINTAS SEJAK DINI

  1. dari kecil memang harus diajari tata tertib dan disiplin, baik di jalan raya, biar nanti besar bisa mengikuti tata tertib dengan baik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: