STUDY KE HIGH/SCOPE INDONESIA

“School Improvement” terus dilakukan di NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO. Untuk mewujutkan hal itu Direktur SIT NURUL ISLAM (Drs. Toto Sunarsono Atho’illah) bersama Direktur Litbang Yauris (Arief Andi Yudanarko, AMd.) melakukan studi ke HIGH/SCOPE INDONESIA yang ada di BINTARO pada hari Selasa, 27 Oktober 2009.

Saat datang di HIGH/SCOPE INDONESIA yang merupakan sekolah berlisensi Amerika ini disambut baik oleh Drs. Sapto Sugiharto selaku Kepala Sekolah jenjang Sekolah Dasar. Banyak informasi yang telah di dapat, walaupun waktu disana tidak boleh mengkopi dokumen atau menggadakan dokumen dalam bentuk lainnya termasuk memotret ketika berada di dalam area. Setidaknya bisa diperoleh informasi dari pengamatan langsung ke dalam kelas, bahwa kegiatan belajar di HIGH/SCOPE INDONESIA sangat menyenangkan bagi anak-anak dan saangat mendorong kreatifitas anak. Baik kretifitas berfikir maupun kreatifitas berkarya.

Sekolah yang dikelola oleh Antarina Sulaeman dosen Fakultas Ekonomi UI yang merupakan cucu tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara ini mulai dikembangkan pada tahun 1996 dengan modal 20 Milyar Rupiah. Pengantar bahasa sehari-harinya memakai bahasa Inggris.

Untuk bisa sekolah di HIGH/SCOPE INDONESIA jenjang Kelompok Bermain harus dipersiapkan uang pangkal sebesar 12 juta rupiah dan membayar uang SPP  4,3 juta rupiah per tribulan. Ya… memang sekolahnya orang elit, biayanya segitu. Terus apa yang bisa diambil dan diterapkan SIT NURUL ISLAM setelah belajar ke HIGH/SCOPE INDONESIA ?

Sitem pembelajaran dan sistem manajemen yang telah diterapkan di HIGH/SCOPE INDONESIA insya Allah bisa diadop dan diadaptasikan di SIT NURUL ISLAM KREMBUNG. Antara lain bagaimana mengembangkan kurikulum agar Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa kedua setidaknya dalam komunitas SIT NURUL ISLAM KREMBUNG. Apalagi SIT NURUL ISLAM KREMBUNG tahun ajaran 2009 ini  mulai mengembangkan program “bilingual community”. Hal kedua yang bisa diambil adalah bagaimana mengembangkan sistem pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sekaligus bisa menumbuh kembangkan inovasi dan kreatifitas   siswa baik dalam berfikir maupun berkarya. Semoga !
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: