SUPERCAMP OF MUHARRAM 1430H

Hadirnya tahun baru hijriyah mengingatkan kita akan peritiwa besar, yaitu proses lahirnya peradaban super modern yang sampai hari ini tiada tertandingi. Peradaban itu dibangun oleh Rosululloh saw. dan para sahabatnya.

Bila kita telusuri bagaimana Rosululloh saw. membangun peradaban yang sangat modern itu, ternyata dimulai dengan membangun kesadaran akan urgensinya menjadi manusia pembelajar. Al-Qur’anul Karim memberikan konsep yang sangat jelas sebagaimana yang dituangkan dalam Surat Al-‘Alaq, 96:1-5. Ya … benar, awalnya kita belajar membaca, berikutnya membaca menjadi kegiatan belajar. Belajar merupakan proses pendewasaan dan pematangan diri.

SDIT “NURUL ISLAM” KREMBUNG yang menjadikan da’wah sebagai salah satu misi besarnya, merasa berkepentingan untuk melahirkan genarasi pembelajar yang diharapkan nanti bisa menjadi generasi pelurus dan penerus risalah da’wah islam.

Agar para siswa-siswi SDIT “NURUL ISLAM” KREMBUNG bisa menjadi pembelajar tangguh, mereka memerlukan ketrampilan belajar. Kegiatan “STUDENT SUPERCAMP OF MUHARRAM 1430H ini diselenggarakan dalam rangka membekali para siswa akan kebutuhan ketrampilan belajar itu.

Melalui kegiatan “STUDENT SUPERCAMP OF MUHARRAM ini para siswa mendapatkan pelatihan antara lain 1) “Speed reading”, merupakan kegiatan yang melatih para siswa agar memiliki ketrampilan membaca cepat. Dengan pelatihan ini diharapkan para siswa memiliki kecepatan membaca 350 kata per menit (350 kpm); 2) “Mind Mapping”, merupakan kegiatan yang melatih para siswa agar memiliki ketrampilan menemukan pokok-pokok pikiran dari materi yang mereka baca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran atau peta konsep; 3) “Super Memory System”, merupakan kegiatan yang melatih siswa untuk mengembangkan potensi dan kemampuan mengingat; 4) “out bound”, kegiatan latihan untuk mengembangkan daya juang atau survival para siswa. Melalui kegiatan ini pula para siswa dilatih secara langsung bagaimana meneladani Rasululloh dalam waktu 24 jam, termasuk melaksanakan Qiyamul Lail yang dipandu oleh Ust. Agus Wiratma.

Kegiatan yang dikomandani oleh Ust. Tholib kandidat Sarjana Psikologi Umsida ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 27-28 Desember 2008 di area perkemahan SIT “NURUL ISLAM” KREMBUNG-SIDOARJO. Adapun para pesertanya adalah siswa Kelas 4-5 SDIT “NURUL ISLAM” yang dibagi dalam 5 tenda atau 5 kelompok.

Pasca kegiatan “STUDENT SUPERCAMP OF MUHARRAM 1430H” ini dilanjutkan dengan pembiasaan belajar dengan pendekatan speed reading, mind mapping, dan super memory system pada kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas secara reguler. Semoga kita semua menjadi pembelajar cepat dan huebat yang menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan inovasi. Wallohu’alam.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: