SEKOLAH YANG PERTAMA ON AIR IN CITRA INDRIA

isi-hati-kami1Pada hari Ahad, 30 Nopember 2008 para siswa SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG dengan didampingi para orang tua murid dan para asatidz (guru) telah membuat area halaman kantor Kecamatan Krembung khususnya di depan studio Radio Citra FM 92,95Mhz. menjadi sangat ramai dengan suara ceria anak-anak. Pasalnya pada hari itu SDIT NURUL ISLAM memang sedang menjadi “bintang” sekolah dasar yang pertama kali on air di radio Citra FM pada acara Citra Indria. Citra Indria ini sepertinya untuk membidik segmen anak-anak dan keluarga muda untuk menjadi anggota komunitas Radio Citra FM 92,95 MHz milik Kecamatan Krembung-Sidoarjo ini.

Acara Citra Idria (Indria dari bahasa sansekerta berarti anak-anak) pada Radio Citra FM 92,95 MHz ini memang baru dimulai pada tanggal 23 Nopember 2008 pekan yang lalu. Acara yang berlangsung dalam durasi 120 menit yaitu mulai pukul 08.00 – 10.00 wib ini dipadu oleh salah satu penyiar handal CITRA FM, Mas Andra. Sedang dari SDIT NURUL ISLAM para siswa didampingi oleh Ustdzah Maisaroh, S.Sos (Waka Kesiswaan), Ustadzah Lailil Akhadiyah, S.Pd. (Waka Kurikulum), Ustadzah  Khusnul Khotimah, S.Si, Ust. Ulum, SE,  Ustadzah Dina, Ustadzah Ifa, dan Ustadz Rasmun dengan dibantu para orang tua murid yang hadir.

Untuk mengisi Acara Citra Indria ini sebelumnya juga sudah ditawarkan ke sekolah lain, cuman mereka belum siap begitu kata Mas Andra seorang penyiar Citra FM. Sementara begitu acara tersebut ditawarkan ke SDIT Nurul Islam langsung disambut antusias dan siap untuk on air. Karena memang Nurul Islam sendiri sudah merencanakan agar memiliki Radio pemancar sendiri sebagai salah satu sarana pembelajaran. Sehingga sistem pembelajarannya sudah didisain sejak awal untuk melatih anak-anak berani tampil atau presentasi. Pada acara ini anak-anak SDIT NURUL ISLAM menampilkan kemampuannya dalam percakapan bahasa Inggris, Bahasa Arab, Hafalan Al-Qur’an khususnya Juz ‘Amma, Hafalan hadits, Berpuisi dengan tiga bahasa (Inggris, Arab, dan Indonesia), Nasyid Islami, dengan dilengkapi Narasi Nurul Islam yang disampaikan langsung oleh Direktur Nurul Islam, yaitu Ustadz Toto Sunarsono, SPd. yang akrap dipanggil Ust. Atho’.

Ustadz Toto Sunarsono, SPd. menyampaikan bahwa visi Sekolah Islam Terpadu (SIT) NURUL ISLAM KREMBUNG yang mengelola Play Group, Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) dan SD Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam ini adalah Terdepan dalam Mutu dan Pelayanan.    Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam tujuh misi, yaitu : 1) membangun pendidikan yang relijius untuk membentuk akhlaq yang mulia, 2) menjadi pusat inovasi dan inspirasi pengembangan mutu pendidikan, 3) mejadi penggerak Good Governance dalam pengelolaan pendidikan, 4) menjadi pusat pengembangan partisipasi aktif masyarakat dalam pendidikan, 5) menjadi lembaga da’wah berbasis pendidikan sekolah, 6) menjadi sekolah percontohan yang mudah dicontoh, dan 7) menjadi pabrikasi lahirnya para juara.

  Selain itu selaku direktur Nurul Islam, Ust. Toto Sunarsono, SPd. juga menjelaskan tentang prinsip dan strategi pembelajaran yang dikembangkan di SDIT NURUL ISLAM disebut sebagai kegiatan belajar sadar berlajar, yaitu : 1) Disiplin dan kepribadian dibentuk di kelas, kegiatan diluar kelas dan di rumah sebagai sarana pembiasaan 2) belajar berpusat pada siswa, siswa belajar sedang sebagai fasilitator 3) belajar secara mandiri, guru bukan satu-satunya sumber belajar. Siswa harus senang membaca, senang mencari informasi 4) menekankan “learn how to learn”, melalui proses “student antive learning (SAL), Quantum Teaching and Learning (QTL), Contextual Teaching and Learning (QTL) 5) Belajar sebagai kegiatan yang mudah dan menyenangkan 6) Continuous progress, tidak ada anak yang berhenti belajar.

KHusus untuk kelas awal, yaitu kelas 1-3 SD pembelajaran harus lebih banyak ditekannkan kepada pembentukan karakter kepribadian anak melalui proses pembiasaan pada anak dan pembinaan kemampuan dasar membaca, menulis dan berhitung. Pada awalnya kita membentuk kebiasaan anak, pada akhirnya kebiasaan anak itu akan membentuk karakter kepribadiannya. Wallohu’alam bishowab.

Categories: Uncategorized | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “SEKOLAH YANG PERTAMA ON AIR IN CITRA INDRIA

  1. Selamat deh! mudah-mudahan jadi inspirasi bagi sekolah yang lain.

  2. SELAMA. SEMOGA JADI INSPIRASI PENIGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SIDOARJO

  3. Sebuah langkah/program yang bagus dan perlu dikembangkan. Semoga dengan program-program yang selalu dikembangkan dapat menjadi contoh teladan bagi Sekolah-sekolah Islam yang lain.

    Dengan begitu InsyaAllah dapat meningkatkan citra lembaga pendidikan Islam di Indonesia ini. Yang pada akhirnya para orang tua yang muslim akan lebih memilih pendidikan Islam bagi putra putrinya dari pada lembaga pendidikan yang bersifat umum seperti SD-SD Swasta dan Negeri.

    Maju Terus Pantang Mundur. Merdeka Allahu Akbar….. Allahu Akbar….. Allahu Akbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: